Bagikan kata sandi WiFi dari iPhone

Persyaratan yang harus diperhatikan

Perlu diingat bahwa ini adalah sistem transmisi yang tujuannya adalah untuk membagikan kata sandi Wi-Fi melalui iPhone, ke iPhone, iPad, atau Mac lain. Artinya, jika Anda memiliki perangkat Android atau komputer dengan Windows yang diinstal, itu tidak akan dimungkinkan untuk melakukan sistem berbagi kata sandi ini dengan cara yang nyaman. Ini adalah sesuatu yang, di satu sisi, sangat masuk akal, karena dibuat oleh Apple untuk perangkatnya sendiri. Perusahaan, dengan tidak memiliki akses ke sistem operasi Google, tidak akan dapat mengimplementasikannya kecuali dilakukan melalui aplikasi di Play Store, dan ini berarti kedekatan yang dinikmati sistem ini hilang.

Dan di luar batasan yang dapat Anda miliki dengan perangkat keras itu sendiri, yang memaksa Anda untuk berada di ekosistem, ada juga keterbatasan perangkat lunak. Ini adalah hal umum yang membawa ke semua fitur dalam kategori yang sama. Apple merinci apa yang seharusnya menggunakan iOS, iPadOS, dan macOS High Sierra versi terbaru atau lebih baru.

sejarah dan berita ios

Ini menambah fakta bahwa kedua perangkat harus memiliki Wi-Fi dan juga Bluetooth aktif. Penting agar tidak ada perangkat yang ingin mengirim yang mengaktifkan Berbagi Internet. Setelah ini selesai, Anda juga harus Masuk ke iCloud dengan ID Apple Anda. Anda harus memastikan bahwa alamat email yang Anda gunakan untuk ID Apple disimpan di Kontak dari orang lain. Dan akhirnya, Anda harus ingat bahwa perangkat harus dekat sehingga mereka berada dalam jangkauan Wifi dan Bluetooth.

Waspadalah terhadap keamanan pribadi

Ingatlah bahwa seseorang yang memiliki akses ke koneksi internet pribadi Anda meningkatkan risiko serangan terhadap informasi pribadi Anda. Berada di jaringan yang sama dengan iPhone, iPad, atau Mac Anda dapat membuat informasi pribadi dapat diakses dengan cepat oleh orang yang berpengalaman. Inilah alasannya, misalnya, mengapa prosedur sensitif seperti transfer atau pengiriman dokumentasi di jaringan publik tidak boleh dilakukan. Dalam hal ini, siapa pun dapat terhubung dengan Anda tanpa sepengetahuan Anda dan mengakses informasi pribadi Anda.

Wifi

Hal yang sama terjadi jika Anda tidak mengontrol dengan siapa Anda berbagi jaringan Wi-Fi. Memang benar Apple membuatnya cukup rumit untuk memberikan akses kepada orang asing. Ini karena memaksa Anda untuk mendaftarkan ID Apple Anda di Kontak. Tapi jelas Anda harus ingat bahwa Anda tidak dapat mengizinkan siapa pun untuk mengakses jaringan lokal Anda. Itu harus selalu menjadi kepercayaan Anda, baik itu teman atau anggota keluarga. Dan itu sangat dibenarkan. Anda juga harus berhati-hati dengan saturasi jaringan. Dan banyak orang yang terhubung dapat menyebabkan kecepatan dikompromikan dengan cara yang sangat luar biasa.

Berbagi kata sandi Wifi dengan iPhone

Setelah semua langkah ini diperhitungkan, Anda dapat melanjutkan ke berbagi jaringan. Di iPhone, ada berbagai cara untuk melakukannya, meskipun semua mata tertuju pada metode yang ditawarkan Apple dan yang telah kami komentari di seluruh artikel ini. Namun ada juga cara lain, seperti melalui kode QR sederhana.

Melalui fungsi sistem operasi

Ini adalah salah satu metode yang paling sering digunakan dalam ekosistem Apple berkat banyak keuntungan yang dimilikinya, dan inilah yang menjadi fokus utama kami. Ini adalah proses yang sejujurnya, dirancang untuk menjadi intuitif dan yang terpenting cepat. Privasi dijaga setiap saat dan koneksi dibuat secara otomatis. Itulah mengapa jika seseorang datang ke rumah Anda dan menginginkan kata sandi Anda, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pastikan perangkat Anda (perangkat yang akan membagikan kata sandi) tidak terkunci dan terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  2. Di perangkat lain, Anda perlu mengakses Pengaturan > Wi-Fi.
  3. Pilih jaringan yang ingin Anda sambungkan.
  4. Pada perangkat pengirim, klik Bagikan kata sandi.
  5. Klik Selesai.

Mulai saat ini koneksi akan dibuat secara otomatis. Sama sekali tidak perlu melakukan atau menyalin kata sandi di pengaturan. Selain itu, informasi akan disimpan untuk akses di masa mendatang. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengulangi proses ini pada kesempatan lain, dengan beberapa pengecualian, membuatnya jauh lebih nyaman.

Dengan menggunakan kode QR

Kode QR adalah matriks titik dua dimensi yang menyimpan informasi dalam bentuk apa pun. Sangat umum untuk menemukannya di poster iklan atau di restoran sederhana untuk mengakses menunya. Yang harus Anda lakukan adalah memfokuskan kamera pada kode sehingga informasi Anda dapat dibuka secara otomatis. Tetapi di luar tautan, Anda juga bisa bagikan kata sandi internet dengan cara yang cepat dan aman. Metode ini memiliki aspek positif yang tidak hanya terbatas pada ekosistem, tetapi juga terbuka untuk sistem operasi lain seperti Android.

Qi-Fi

Sayangnya, iPhone tidak memiliki fungsi bawaan untuk dapat membuat kode QR ini. Itulah sebabnya Anda dapat memilih halaman web aman yang akan menanyakan informasi jaringan Anda seperti: SSID, jenis enkripsi, atau kata sandi untuk menghasilkan kode yang sesuai. Dalam hal ini salah satu halaman yang direkomendasikan adalah Qi-Fi. Dengan memasukkan semua informasi ini, itu hanya akan membuat kode QR yang harus Anda simpan dalam format PNG. Siapa pun yang akan memindainya akan memiliki akses instan ke jaringan Wi-Fi Anda dan kata sandi mereka akan disimpan. Jelas memiliki kelemahan tidak memiliki sistem penyaringan seperti pada kasus sebelumnya, sehingga masalah keamanan meningkat. Tapi itu adalah pilihan lain untuk dipertimbangkan.

Bisakah akses dihapus dengan cara apa pun?

Ini adalah salah satu pertanyaan bagus yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri jika Anda menyesal memberikan akses ke orang tertentu. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, ini adalah informasi yang disimpan di perangkat penerima, apakah itu iPhone, iPad, atau Mac. Dengan cara ini, tidak perlu melakukannya lagi dan koneksi akan selalu dibuat secara otomatis di perangkat mana pun. perangkat di ekosistem jaringan Anda. Secara apriori tidak ada sistem yang dapat membalikkan akses yang telah diberikan ini.

Jika Anda menyesalinya, satu-satunya solusi yang dapat Anda pilih adalah mengubah kata sandi lengkap jaringan, melalui panel konfigurasinya. Demikian pula, Anda juga dapat memveto alamat IP melalui panel router itu sendiri. Tapi jelas ini adalah sesuatu yang tidak diragukan lagi menjengkelkan, karena memaksa Anda harus mengubah kata sandi di semua perangkat yang Anda gunakan sendiri dan di mana kata sandi disimpan.